Senin, 12 November 2018

varises

Hasil gambar untuk cara supaya tidak terkena varises
Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Orang-orang yang menderita penyakit ini, pembuluh vena mereka juga dapat terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua. Kadang-kadang bentuknya menyerupai simpul atau tali berpilin.

Penyebab penumpukan darah pada penyakit varises

Penumpukan darah di dalam pembuluh vena terjadi akibat melemahnya atau rusaknya katup vena. Pembuluh vena berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam pembuluh vena, ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah agar darah yang sudah melewatinya tidak dapat kembali lagi. Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut melebar.
cara menghindari penyakit varises
1. Selalu aktif
Banyak bergerak atau selalu aktif secara fisik memang bukan cara untuk menyembuhkan varises. Namun olahraga teratur bisa memperbaiki sirkulasi darah dan mencegah darah mengumpul di pembuluh. Otot yang aktif akan berkontraksi dan mendorong darah melewati pembuluh serta kembali ke jantung.
Pastikan tubuh tak kekurangan vitamin C dan protein karena keduanya adalah komponen penting pembentuk kolagen.
Kelebihan berat badan bukan hanya akan membuat stres sistem tubuh, tapi juga memicu lesu. Akibatnya, kaki orang yang terlalu gemuk tak mampu lagi memompa darah kembali ke jantung sehingga menyebabkan varises.
Hindari duduk atau berdiri terlalu lama karena bisa memperlambat proses memompa darah. Usahakan melakukan peregangan pada kaki dan cobalah berjalan setiap setengah jam, terutama bila bekerja sambil duduk. Sebaliknya, bila pekerjaan menuntut untuk berdiri, cobalah untuk beristirahat dan duduk dengan kaki terangkat ke atas selama beberapa menit.
Kuatkan otot kaki dengan cara menekuk dan menggerakkan naik-turun untuk membantu melancarkan peredaran darah. Goyangkan kaki selama lima menit bila kita sedang duduk.

2. Tambahkan vitamin C dan protein
3. Turunkan berat badan
4. Jangan duduk atau berdiri terlalu lama
5. Gerakkan kaki
6. Cek riwayat kesehatan keluarga
Varises juga bisa disebabkan faktor keturunan. Bila kita memiliki sejarah varises dalam keluarga, cobalah untuk melakukan pencegahan lebih awal.
sumber:https://cantik.tempo.co/read/794342/6-cara-menghindari-varises/full&view=ok

0 komentar:

Posting Komentar