Rabu, 09 Januari 2019

GELOMBANG

pengertian gelombang dan jenis jenisnya

Pembahasan materi ini pak guru akan mengupas pengertian gelombang dan jenis-jenis gelombang. Pengertian gelombang (wave) adalah getaran yang merambat. Suatu gelombang akan membawa energi. Contohnya adalah gelombang laut yang pada akhirnya menyebabkan ebrasi di daerah pesisir pantai. Berdasarkan mediumnya, gelombang dibagi menjadi gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Berdasarkan arah getar dan arah rambatnya, gelombang dibagi menjadi gelombang transfersal dan gelombang longitudinal.
  • Gelombang Mekanik
    Gelombang mekanik ialah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan suatu medium atau penghantar untuk dapat merambat. Medium gelombang mekanik juga dapat berupa zat padat , zat cair , atau juga gas. Suara ataupun bunyi ialah salah satu contoh gelombang mekanik yang dapat merambat melalui zat padat, cair atau gas tersebut. misalanya ialah dari gelombang mekanik adalah gelombang pada tali, gelombang pada pegas, gelombang diatas permukaan air.
    Berdasarkan arah perambatan serta arah getarnya, gelombang mekanik dapat dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu :
    1.Gelombang Transversal
    Gelombang transversal ialah gelombang yang arah getar dari tiap titik partikel dalam medium(penghantar), tegak lurus dengan arah perambatan gelombang. Misalnya ialah gelombang cahaya, gelombang permukaan air, serta gelombang pada tali. Untuk melihat arah getar dari gelombang transversal dapat gunakan tali dengan cara salah satu ujung tali diikat sedangkan ujung yang lain dibiarkan bebas.Pada kasus gelombang tali tesebut, gerakan tangan naik turun akan mengakibatkan energi pada tali. Energi tersebut menggetarkan daerah di seluruh tali sehingga daerah disekitarnya ikut pula bergetar naik turun, demikian seterusnya sampai ujung tali. Pada gelombang transversal, satu panjang gelombang ialah  jarak yang sama dengan satu bukit gelombang ditambah satu lembah gelombang.
    Ciri yang dimiliki gelombang transversal ialah , terdapat satu bukit gelombang dan lembah gelombang dan satu panjang gelombang (lamda) ialah jarak yang sama dengan satu bukit gelombang dengan satu lembah gelombang.2.Gelombang Longitudinal
    Gelombang longitudinal ialah gelombang yang arah getarnya searah atau paralel dengan arah rambatannya. Misalnya ialah gelombang pada pegas (slinki) serta gelombang cahaya. Ketika slinki di gerakkan kedepanserta kebelakang, maka pada slinki akan terbentuk rapatan-rapatan dan juga renggangan-renggangan. Pada gelombang longitudinal, satu panjang gelombang ialah jarak yang sama dengan satu rapatanserta ditambah satu renggangan. Ciri yang dimiliki gelombang longitudinal, terdapat rapatan serta renggangan dan satu panjang gelombang ialah jarak yang sama dengan satu rapatan ditambah satu renggangan.
  • Gelombang ElektromaknetikGelombang elektromagnetik ialah  gelombang yang dapat merambat tanpa memerlukan pengantar dan merupakan gelombang transversal. Namun gelombang elektromagnetik ini ialah  gelombang medan, bukan gelombang mekanik (materi). Pada gelombang elektromagnetik, pada medan listrik E selalu tegak lurus arah medan magnetik B serta keduanya tegak lurus arah rambat gelombang. Gangguan gelombang elektromagnetik terjadi dikarenakan medan listik dan medan magnet, oleh karena itu gelombang elektromagnetik dapat merambat dalam ruang vakum.
sumber:http://www.pakmono.com/2015/09/pengertian-gelombang-dan-jenis-jenis-gelombang.html
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-gelombang-dan-jenis-gelombang-terlengkap/

0 komentar:

Posting Komentar