Selasa, 24 Juli 2018

penyakit-penyakit tulang


PENGERTIAN TULANG

Tulang merupakan alat gerak pada manusia. Tulang adalah jaringan yang terususun dari sel yang didominasi oleh matrix kolagen ekstraseluler atau yang bisa juga disebut osteoid. Osteoid ini yang menyebabkan tulang menjadi kuat dan tegak serta kaku. Tulang adalah jaringan yang membuat tubuh kita dapat berdiri dan dapat melakukan aktivitas yang lain dengan baik. Kesehatan tulang sangat penting bagi kenyamanan kita beraktivitas. Pada umumnya tulang membutuhkan vitamin D dari makanan yang kita konsumsi dan dari sinar matahari sebelum pukul 11 siang. Pada bayi yang baru lahir dan tulangnya masih dalam proses pertumbuhan, maka menjemur di bawah sinar matahari sangatlah penting untuk memperkuat tulang bayi ini agar tumbuh sempurna dengan tidak adanya cacat yang terjadi pada bayi.

sumber:https://ahlitulang.com/macam-macam-penyakit-tulang

10 penyakit tulang paling umum

1. Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang ditandai hilangnya massa tulang yang tidak normal dan kerusakan struktur tulang pada orang dewasa yang lebih tua. Hal ini dapat membuat tulang Anda lemah dan lebih mungkin untuk patah. Osteoporosis adalah penyakit tanpa gejala. Anda mungkin tidak tahu Anda memilikinya sampai tulang Anda patah. Osteoporosis dapat dicegah dengan nutrisi yang tepat dan olahraga bersamaan dengan tes kepadatan mineral tulang. Silakan tanyakan kepada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

2. Penyakit Paget

Penyakit Paget adalah gangguan tulang yang menyebabkan kerusakan abnormal di jaringan tulang pada bagian-bagian tertentu dari tulang. Biasanya tulang tampak lebih tebal dan lebih besar. Suatu jenis sel yang disebut osteoklas bertanggung jawab untuk merusak jaringan tulang. Osteoklas yang terlalu aktif menyebabkan pembentukan tulang bekerja dengan cepat untuk mengganti tulang yang hilang. Namun, jaringan tulang baru yang tidak teratur membuat tulang rapuh dan mudah patah. Ini biasanya melibatkan tulang belakang, panggul, kaki, atau tengkorak, meskipun tulang apapun dapat terpengaruh.

3. Osteogenesis imperfekta

Penyakit ini adalah kelainan genetik yang membuat tulang patah dengan mudah. Kadang-kadang tulang patah untuk alasan yang tidak diketahui. Osteogenesis imperfecta bisa berkisar dari ringan sampai berat, dan gejala bervariasi pada setiap orang. Seseorang mungkin hanya mengalami sedikit atau hingga ratusan kali patah tulang dalam hidupnya. Belum ada obat untuk osteogenesis imperfecta, tapi Anda dapat mengendalikan gejala.

4. Kanker tulang

Terlepas dari namanya, kanker tulang umumnya tidak dimulai dari tulang. Menurut National Cancer Institute, sebagian besar kasus kanker tulang disebabkan oleh sel-sel kanker yang menyebar dari organ kanker lain. Ada beberapa jenis kanker tulang seperti osteosarcoma, chondrosarcoma, dan sarkoma Ewing. Untuk mengurangi risiko kanker tulang, Anda harus mempertahankan diet dan gaya hidup yang sehat. Olahraga teratur juga akan membantu.

5. Rakhitis

Ketika anak-anak tidak mendapatkan cukup vitamin D, mereka mungkin terkena rakhitis, penyakit yang menyebabkan tulang lemah pada anak-anak. Vitamin D dibutuhkan untuk membantu menyerap kalsium dan fosfor. Tanpa vitamin dan mineral, tulang tidak dapat tumbuh dengan baik dan menjadi lemah. Anak-anak dengan rakhitis mungkin juga memiliki nyeri otot, gangguan pertumbuhan, dan kelainan bentuk tulang dan gigi.

6. Osteomalacia

Osteomalacia mirip dengan rahkitis karena disebabkan oleh kurangnya vitamin D dalam tubuh, tetapi mempengaruhi terutama orang dewasa. Kekurangan vitamin D mengganggu tulang dalam menyerap kalsium dan fosfor, yang menyebabkan tulang tidak berkembang dengan benar dan menjadi lemah.

7. Akromegali

Akromegali ditandai dengan pertumbuhan tulang berlebih yang disebabkan oleh kelebihan kadar hormon pertumbuhan dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan risiko kesehatan yang serius termasuk diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, arthritis dan polip usus, yang dapat berkembang menjadi kanker usus besar. Sulit untuk mendiagnosis akromegali dalam tahap awal. Untungnya, penyakit ini bisa diobati pada banyak kasus.

8. Penyakit Legg-Calve-Perthes

Umumnya dikenal sebagai penyakit Perthes, penyakit Legg-Calve-Perthes terjadi ketika tulang di pinggul tidak mendapatkan cukup darah, menyebabkan pincang dan nyeri yang datang dan pergi. Akhirnya, hal itu menyebabkan tulang menjadi mati. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak laki-laki usia 4 sampai 10 tahun.

9. Displasia fibrosa

Seperti penyakit Paget, displasia fibrosa menyebabkan pertumbuhan berlebihan atau pembengkakan tulang. Namun, penyebab penyakit ini adalah karena sel-sel pembuat tulang yang tidak normal. Fibrous displasia sering merupakan bagian dari kondisi yang dikenal sebagai sindrom McCune-Albright yang meliputi gejala seperti bercak pada pigmentasi kulit, pubertas dini, hormon tiroid yang berlebihan, gigantisme atau akromegali, dan kondisi langka lainnya.

10. Osteomielitis

Osteomielitis adalah infeksi tulang, yang dapat terjadi tiba-tiba dan akut atau kronis. Perawatan mungkin termasuk antibiotik dan dalam beberapa kasus, pembedahan untuk mengangkat jaringan tulang yang terinfeksi

sumber:https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/osteoporosis/10-penyakit-tulang-paling-umum-yang-harus-anda-hindari

0 komentar:

Posting Komentar